Jumat, 19 Oktober 2012

Rabu Depan, Presiden Resmikan Delapan Proyek MP3EI di Kaltim

Pekan-pekan ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki jadwal kunjungan kerja yang sangat padat. Sejak Kamis hingga Jumat (18-19 Oktober), Presiden dan Ibu Negara melakukan kunjungan kerja ke Manggarai, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu (22/10), Presiden dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta. Setelah itu pada Senin (22/10), Presiden juga dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Balikapan, Kalimantan Timur.

Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyo ke Balikpapan, Kaltim, adalah untuk meresmikan  dan meletakkan batu pertama delapan proyek yang masuk  Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kaltim pada Rabu (24/10). Peresmian ini merupakan bagian dari hajatan  besar yang siap dilakukan di Kaltim.


Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, S Adiyat, mengungkapkan  kepada wartawan di Samarinda,  Kamis (18/10),  dua hari sebelum peresmian proyek-proyek  MP3EI  dilakukan  pencanangan Kaltim sebagai zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK).  Penandatangan ini   akan dilakukan Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak bersama semua pemangku kepentingan penyelenggara pemerintahan di Kaltim. 
“Penandatangannya   akan dilakukan di hadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB), Azwar Abubakar  di Samarinda,  pada  Senin (22/10). Mereka yang terlibat menandatangani  adalah semua pihak terkait. Mulai  DPRD Kaltim, Kajati Kaltim, BPKP Kaltim,  bupati/walikota dan ketua-ketua DPRD-nya,  termasuk  semua SKPD  Pemprov Kaltim dan kabupaten/kota,” ujarnya.
Pencanangan Kaltim  menuju  wilayah zero corruption  ini  sebagai upaya menjadikan provinsi  ini sebagai daerah percontohan pencanangan zona integritas menuju WBK  bersama beberapa provinsi lain di Indonesia.   Pencanangan ini  juga selaras denga tekad Pemprov  untuk  menjadikan Kaltim sebagai  Island of Integrity atau pulau integritas.
Sedang  peresmian dan peletakan batu pertama  proyek MP3EI Kaltim,  menurut dia,  akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Balikpapan yang dijadwalkan  23 – 24 Oktober 2012.  “Ada delapan proyek MP3EI  yang akan diresmikan oleh Bapak Presiden di Kaltim,” ujar Adiyat.
Menurut Adiyat,  dua proyek MP3EI yang diresmikan adalah Terminal Petikemas Kariangau, Balikpapan, dan Bandara Kalimarau, Berau.  Sedang enam proyek MP3EI  yang dimulai pembangunannya (groundbreaking)  adalah perluasan Bandara Sepinggan Balikpapan, Centralized Crude Terminal (CCT)  PT Pertamina di Lawe-Lawe (PPU),  Bandara Samarinda Baru (BSB), Jembatan Kembar  Samarinda,  pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional  Maloy, Kutai Timur, dan pembangunan PT Pupuk Kaltim-5, Bontang.
Peresmian dan groundbreaking  proyek-proyek  MP3EI itu sendiri akan dipusatkan di Terminal Petikemas Kariangau, Balikpapan,  pada 24 Oktober 2012, dengan ditandai penandatangan prasasti.
“Pak Presiden dijadwalkan tiba di Balikpapan,  Selasa (23/10). Beliau akan disambut  Pak Gubernur dan jajarannya, kemudian  menuju hotel  dan mendengarkan paparan  proyek-proyek dimaksud, dan berlanjut   jamuan makan malam. Nah, besok  harinya,  Rabu (24/10),  baru masuk pada kegiatan inti peresmian  proyek-proyek itu,” sebut Adiyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar